Cara membuat konten viral

Mau sharing aja tentang kerangka STEPPS ini. Bisa sebagai panduan dalam membuat konten atau branding yang viral atau populer secara sosial. Istilahnya panjat sosial / pansos ya hehehe.

Setelah tau kerangka ini saya juga jadi punya lensa yang bisa dipakai untuk mengamati fenomena masyarakat apalagi di jejaring sosial. Video viral biasanya main di variabel Emotions dan Story.

Enam aspek hal-hal yang viral (STEPPS):

  1. Social currency: Buatlah orang terlihat oke, keren, pintar, elit ketika mereka membagikan konten atau produk Anda. Berikanlah mereka cara untuk meningkatkan status sosial mereka.
  2. Triggers: Top of the mind, tip of the tongue. Hal-hal dan kegiatan apa saja yang dialami, dilihat, dilakukan mereka dalam kehidupan sehari-hari? Bagaimana Anda bisa mengasosiasikan pesan Anda dalam sebanyak-banyaknya kait tersebut? Misal, kata-kata dan frase tertentu, hari tertentu.
  3. Emotions: Piculah emosi naluriah baik itu negatif atau positif. Ini yang paling sering kita lihat, berita-berita sensasional, drama. Jika harus bermain dengan emosi negatif, membangkitkan amarah dalam diri seseorang akan lebih baik daripada membangkitkan perasaan sedih.
  4. Public: Social proof. Bukti sosial. Rancanglah pesan, produk dalam format yang ramah publikasi. Buatlah orang bangga ketika mengenakan atribut tersebut di muka umum. Lambang identitas. Misal, jersey bola.
  5. Practical value: “Apa keuntungannya untuk saya? Trus kenapa?” Buatlah konkret, mudah diterapkan, dan relevan. Artikel daftar alias listicles, infografik, panduan.
  6. Story: Buatlah mereka terngiang-ngiang dengan pesan Anda dengan cara merajut sebuah struktur cerita. Narasi akan lebih menarik dan mudah diingat dibandingkan dengan sejumlah fakta keras. Libatkan dengan awalan yang kuat, bukalah celah yang membuat mereka penasaran akan akhirnya.

Sumber:

  • “Contagious: Why Things Catch On” oleh Profesor Universitas Wharton Jonah Berger
  • https://www.business2community.com/content-marketing/6-stepps-creating-digital-content-goes-viral-01841530
  • https://curatti.com/viral-success/
  • https://www.clickz.com/jonah-bergers-6-stepps-for-success-applied-to-email-marketing/35957/
  • https://medium.com/@srikanthvadrevu/6-stepps-that-you-are-not-aware-of-social-transmission-8e8842ca21fc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *